Sinopsis novel 5 cm




mmm awal aku liat novel ini sbnrnya pas SMP Kelas 3 hihihi , dengan judul unik dan sampul yang misterius, cenderung mengesankan horor.. Mungkin itu yg menyebabkan aku terus berpikir bahwa novel ini pasti ttg pembunuhan, misteri, dll .. Hingga 4tahun kemudian, akhirnya aku memutuskan untuk membacanya .. 5 CM ..

Slah besar hehehe ternyata novel ini ga ada horor atau misterinya sama sekali , malah cenderung
beraliran sebaliknyaa ..
Cek resumenyaa yuukkk ...


hmm 5 cm .. what does it mean ??

Ketika pertama baca, aku nebak mungkin 5 cm mengartikan 5 sahabat yg begittuuu dekat.. sedekat 5 cm Smiley),
tpi ternyata bukan ... Walaupun novel ini bercerita ttg kedekatan 5 sahabat yg udah deket bgt selama 7 tahun .. yg kemana2 bareng, nongkrong bareng, nonton bioskop bareng, gila2an bareng, tapi lebih sering diskusi hal2 bermutu bareng, tpi 5 cm ga mengartikan itu Cheesy ..

Balik ke cerita 5 sahabat yg beda karakter itu  ya .. karna terlalu sering bersama, mereka smua ngerasa kebersamaan itu mulai hampa, topik yg diomongin itu2 terus, dan mereka sadar pergaulan mreka hanya terbatas ber5 aja,,Hingga walaupun berat bgt, akhirnya mereka mutusin buat ga ketemu dlu selama 3 bulan .. ga boleh telfon, sms, atau negur klo ketemu dijalan.. Berat memank.. tapi semoga ini bisa memperbaiki hub mreka ..

Hingga akhirnya selama 3 bulan mereka mulai melebarkan sayap masing2, ngurus skripsi yg ga kesentuh, konsen ke kerjaan dan asmara dan alin2.. Walaupun mereka selalu memendam rasa kangen yg luar biasa astu sama lain, mereka ga bisa berbuat apa2 hingga 3 bulan,,

Tapi bukan itu sebenrnya inti cerita novel ini ..
Kekuatan novel ini adalah cerita setelah cerita itu ..

Ketika akhirnya setelah 3 bulan mereka kembali bertemu dan memutuskan untuk pergi bersama menaklukan puncak tertinggi di pulau jawa.. Ya menaklukan Mahameru ..

Disinilah banyak inspirasi muncul, disinilah kekuatan cerita yg sebenarnyaa .. Ketika mereka berjuang menaiki mahameru, ketika mereka terkagum2 akan indahnya danau diatas gunung, padang ilalang seperti di afrika, hingga ttg samudra diatas laut .Ketika perjuangan diikuti dengan ujian yg tidak ringan, ketika rasa putus asa datang dan pergi. Disinilah banyak hikmah kehidupan yg bisa dipetik .. Disinilah kita tahu maksud dr kuota Henry Dunant (Bapak Palang Merah Dunia) yg mengatakan bahwa "Sebuah negara tidak akan pernah kekurangan seorang pemimpin apabila anak mudanya sering bertualang dihutan, gunung, dan lautan" Disinilah letak kekuatan novel ini ..Dan ketika kekuatan mimpi dan cita-cita melahirkan keyakinan yg mengalahkan keputus asaan



Donny Dhirgantoro, sang penulis mampu menyihir pembacanya untuk meyakini bahwa jika memiliki mimpi maka taruhlah ia didepan kening (sambil menunjuk kening), bukan menempel pada kening, Tapi biarkan,, ia menggantung .. mengambang 5 centimeter di depan kening .. Jadi ga akan pernah lepas dr mata ..bawa mimpi dan keyakinan itu setiap hari, lihat setiap hari dan percaya bahwa kamu bisa mencapainya dan ga bisa menyerah (bukan ga mau nyerah) untuk mencapainyaa ..

Ya .. biarkan keyakinan dan mimpi itu menggantung 5 cm dan sehabis itu yg kamu perlu cumaa ..

Kaki yg akan berjalan lebih jauh dr biasanya
Tangan yg akan berbuat lebih banyak dr biasanya
Mata yg akan menatap lebih lama dari biasanya
Leher yang akan lebih sering melihat keatas
Lapisan tekad yg seribu kali lebih keras dari baja
Dan hati yg akan bekerja lebih keras dari biasanya
Serta mulut yang akan selalu bersoa ...

(Donny Dhirgantoro)

Setelah baca buku ini.. aku jadi sangat tertarik untuk melihat berdiri di puncak mahameru , mengikuti upacara bendera diatas sana, melihat sang merah putih berkibar dipuncak tertinggi, dan merasakan syukur yg luar biasa ketika sampai di puncak setelah melalui medan yg sangat berat ..

Hehe,, smoga suatu saat nanti, diberi ksempatan berdiri di puncak tertinggi pulau jawa itu praying



sumber : catatanhatijingga.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

10 Film tentang Binatang Terpopuler di Dunia

10 Fenomena Alam Teraneh di Dunia